29 April 2008

Perbandingan Antivirus



Jaman sekarang antivirus itu diibaratkan obat buat komputer yang sedang "Sakit" karena terkena Virus.

Dengan semakin mudahnya akses internet dan media-media penyaluran data seperti : flashdisk, CD, DVD, email, dll. semakin mudah pula virus menyebar dari satu komputer ke komputer lainnya.

Banyak orang beranggapan “Komputer saya kan cuma dipakai dirumah saja, jadi.. gak perlu lah pake antivirus segala….!!”
itu anggapan yg salah, memang kalo anda seorang Pengguna Komputer yang Advance yang tau tentang virus dari A sampai Z bolehlah gak usah pakai Antivirus, tetapi bila kita pengguna awam apalagi komputer dirumah itu generasi lawas (P4…. P486 maksudnya… hhehe) yg gak akan dipake apapun selain DOS, Lotus, / WS!! ya enggak lah… pastinya
komputer jaman sekarang itu minimal dipake windows, office, multimedia, dll.



Apalagi jika dipakai anak sekolahan.. pastinya minimal ada copy-mengcopy data tugas2, dll. nah lewat itulah si virus komputer tersebut menyebar…

Jadi… masih berfikiran gak penting lagi pakai antivirus???



Setelah paradigma anda berubah, lalu pertanyaan yg muncul adalah : “anti virus manakah yg paling bagus??????”. Pada dasarnya semua antivirus itu bagus, asal…. anda rajin-rajin mengupdatenya !!!, ya kalau untuk komputer rumahan seeh sebaiknya minimum di update 1 bulan sekali, tapi kl ada koneksi internet seeh sebaiknya di setting automatic update saja.

Beberapa pilihan antivirus yg bisa dipake :

1. NOD32, orang bilang seeh ini yg paling bagus, tapi kelemahannya untuk fasilitas updatenya rada ribet, apalagi bagi yg tidak punya koneksi internet.

2. Bitdefender, Yang ini juga bagus, untuk updatenya bisa juga di donlot u/ fasilitas offline updating.(Kalo menurut Topten Review 2008 pada website dikatakan sih dia no 1, tetapi bisa aja itu strategi pemasaran biar cepat laku)

3. Kaspersky, Menurut beberapa situs perbandingan antivirus katanya si ini yg menjadi pemenangnya, tapi…. saya dah nyobain… ternyata kl spek komputer anda kurang bagus… antivirus ini banyak makan resource, so.. kayaknya anda musti beli ram tambahan supaya jalannya komputer anda tidak lemot, dan juga memang banyal settingan yang dipakai sehingga dikatakan penggunaan antivirus ini levelnya mid to advance user. Kalo saya sih prefer ke kaspersky, sampai sekarang saya pake karena komputer saya masih komputer yang lama maka saya pake Kaspersky versi 6, biarpun sudah ada yang versi 7)

4. Norton Antivirus,Katanya sih urutan dua setelah kaspersky, tapi lambatnya sama juga. beberapa waktu lalu saya paling lama pake antivirus ini, tapi akhir2 ini komputerku kebobolan jg sama virus.. padahal udh auto update lhoo…

5. AVG, Menyediakan free version, bisa juga dipake tapi tetap harus sering-sering di update yaa !!

6. AVAST merupakan antivirus yang mudah dipakai juga dan tidak terlalu ribet cuman memang masalah update virus definitionnya maupun update lainnya yang agak ribet.

7. Mcafee Merupakan pemain lama dalah dunia antivirus bersama norton, memang Mcafee bisa dikatakan sudah cukup lama dikenal karena kemudahan dalam settingan, cuman file virus definitionnya yang cukup gede sekitar 40 Megaan.(Sekarang Definition file Mcafee sudah mencapai 100 Mega lebih)

8. Antivir atau Avira antivirus, Merupakan antivirus yang mirip Kaspersky karena sama-sama ada gambar "payung"nya, saya tidak tau apakah memang satu perusahaan atau tidak, saya denger-denger sih si pembuat virus Sasser direkrut oleh Team antivir ini, Kekurangan dari antivir ini dalam segi update virus definitionnya yang ribet.

9. dll, masih banyak antivirus luar yang beredar dan itu tergantung dari anda sendiri sebagai pemakai untuk menentukan antivirus yang tepat bagi spek komputer anda dan sesuai kebutuhan anda sendiri.

Ada juga yg keluaran lokal, diantaranya :

1. PCMedia antivirus atau PCMAV
2. Ansav
3. OGAV
4. GUCUP Antivirus
5. SMADAV Antivirus
6. dll

Apabila anda sudah mendownload salah satu antivirus dan masih bingug tentang mengupdate virus definition file-nya ada suatu website yang menyediakan hampir semua virus definition dari antivirus yang ada, wesbite nya dapat di klik disini mudah-mudahan dapat membantu.

So last word...intinya antivirus apapun itu, manjur... selama cara kita menggunakannya proper... misal update periodik, scan system periodik, tidak sembarangan copy file dan klik link yang ada di internet karena dikhawatirkan mengandung virus de el el.Jadi lebih kepada behavior dari pengguna komputer.

3 comments:

Anonymous said...

woi...
klo buat info yg bener donks..jgn asal..
mau liat perbandingan yg bener di sini neh...
www.av-test.org
www.av-comparative.org
www.virusbtn.com

dan menurut pengalam sebagai " advanced user "..hehehe..antivir adalah produk antivirus yg paling bagus....kaspersky mah...udah sering jebol...mana suara klo ngedetect virus kayak kuda di cekik...

n klo mau download yg versi bayarnya...masuk ke situsnya, contoh kaspersky.com lalu download..

klo masalah lisensi mah gampang, cari aja di google crack atau keygennya...tergantung antivirus apa yg kita pakai...mesk sering di update ga bakalan bener2 aman tuh komputer...hehehe scara orang baek slalu tertinggal 2 langkah dt orang jahat...hehehe....soal update itu sich cuma masalah koneksi yg lelet...pake aja internet downloader...oce...

and ku saranin nih ye..pake antivir(avira)lunke

Anonymous said...

makasih atas commentya, saya me-review perbandingan antivirus ini berdasarkan pengalaman pribadi saya, jadi kalo mau lengkap bisa cari informasinya di google.

Anto said...

Klo saya tetep pake Kaspersky terbukti dr bnyk yg beli jd banyak yg percaya buktinya mana ada antivirus selain kaspersky yg beriklan di TV.krn produknya gak terjual krn jelek jd gak punya dana hehehehe piss brow just komen lho....