15 April 2008

INSTALL ASUS EEEPC

Pada hari sabtu kemarin sepupu saya datang membawa Asus EEEPC, dia minta di installin windows xp kebetulan dia ada beli windows xp original, saya jadi bingung masa Asus EEEPC bisa diinstall Windows, katanya bisa soalnya ada Asus EEEPC yang sudah keluar dengan OS Windows, punya sepupu saya ber-Os Linux bawaan asli dari EEEPC itu sendiri setelah saya cari info diinternet maka saya dapatkan bahwa Asus EEEPC type 701 4GLinux memang bisa diinstall windows meskipun harus dengan bersusah payah menjalankan tahap-tahap yang diinformasikan oleh beberapa website, dari info tersebut di beritahukan bahwa windows bisa jalan dengan baik maka kecepatan processornya harus diupgrade, Waktu pertama kali EeePC di luncurkan, banyak dari pengguna-pengguna awal yang bertanya-tanya mengapa Asus menset CPU/prosesor pada EeePC lebih rendah daripada spec CPU nya.

Prosesor Celeron ULV 900MHz, di jalankan pada clock hanya 630MHz, tidak pernah ada pernyataan resmi dari Asus mengapa mereka melakukan ini. Berbagai spekulasi menyebutkan alasannya adalah demi untuk menurunkan konsumsi daya, biar baterainya lebih awet, ada lagi yang berspekulasi mungkin supaya panas nya tetap terkendali makany di turunkan. Semua nya spekulasi.

Awal mulanya adalah pengguna EeePC di Taiwan yg notabene sumber dari segala sumber yg berbau hardware, membocorkan atau menemukan BIOS EeePC khusus (versi testing Beta), keunikan dari BIOS ini ada satu opsi menu Advanced "Adjust FSB speed" dengan dua pilihan Max Performance atau Max baterry Life.
Efek samping dari BIOS super ini adalah, selain tentunya EeePC terasa lebih panas dan boros batt, LCD screen brightness akan jauh meningkat di banding standar (efek samping bagus), jadi biasanya untuk regular indoor reading EeePC sepupu saya yg sudah di flash cuman di set 4 garis dari minimum (kira-kira 1/4 nya), sebelum di flash butuh brightness level hampir mentok baru nyaman. Outdoor usage terasa kurang bright sebelum di flash.



Dibawah ini adalah gambar tabel perbandingan spec dari Asus EEEPC :


Dari tabel tersebut punya sepupu saya adalah Asus EEEPC 4G ber OS Linux dan mempunyai web kamera dibanding type 4G/Surf.

Jadi Pengen nih punya EEEPC, tapi belum ada duit tuh buat beli masih banyak kebutuhan yang lain, biarlah saya masih pakai laptop lama saya toh masih bagus mudah-mudahan bisa beli nanti doain ya...amin...

No comments: