05 June 2008

Susahnya apabila internet ngadat!



Ternyata susah ya kalo koneksi internet kita mati, apalagi kalo yang sudah biasa dengan internetan atau internet mania pasti seperti kata pepatah : seperti makan nasi tanpa garam alias hambar. Penggemar internet tidak akan bisa hidup bahagia tanpa internet. Hidup menjadi tidak hidup tanpa internet. Bayangkan saja, kalo setiap hari minimal 5 jam di habiskan untuk internetan, apa yang akan dilakukan ketika tidak ada internet? Bagi urusan bisnis, dunia tanpa internet akan membuat bisnis mereka berantakan. Bagaimana pula jadinya kalo tidak ada email? Bagi dunia pendidian internet sudah menjadi perangkat wajib untuk menunjang proses pendidikan. Apa jadinya tanpa internet? Siaran televisi terganggu, peredaran surat kabar terhambat, reuters tidak bisa menyampaikan segal beritanya pada dunia, dunia pemerintahan kacau balau, warnet-warnet pada tutup, tidak ada lagi yahoo, google, msn, wikipedia, amazon, eBay, detik.com, friendster, youtube, flickr, reuters, dan cerita-cerita seru lainnya, Komunikasi dunia terganggu, game online tidak ada, keadaan diluar negeri tidak diketahui, bank-bank pada kelabakan, kantor-kantor pada enggak tahan, tidak ada lagiberita mancanegara pada surat kabar, kegiatan promosi terganggu, otak manusia menjadi agak tumpul atau sebaliknya? Tidak ada lagi blogger.com , wordpress.com , multiply.com hal ini pulalah yang saya rasakan dan terjadi pada saya, sudah hampir dua minggu ini koneksi internet saya melalui wajanbolic yang saya bikin mengalami trouble yaitu tidak bisa koneksi ke internet, untuk koneksi ke Acces point(infrastructure)-nya konek saja tetapi untuk receive koneksi ke internet gatewaynya tidak ada alias nol. pasti Karena penasaran saya coba melacak jaringan IP didalam koneksi jaringan Wifi saya yang terkoneksi, saya menggunakan software Network protocol analyzer yaitu wireshark yang dulu dikenal dengan nama ethereal mungkin ada yang sudah pernah menggunakannya jadi disini saya tidak mengulas tentang langkag-langkah penggunaannya tetapi lebih sekedar informasi saja dan anda bisa mendapatkan informasinya di http://www.wireshark.org/. setelah saya coba analisa data-data jaringan dari wifi yang saya dapat ternyata koneksi internet ke komputer lain bisa tetapi ke komputer saya tidak bisa. Hal ini menimbulkan pertanyaan bagi saya, kenapa? Padahal selama ini saya menggunakan internet saya sebijak dan sebaik mungkin tanpa neko-neko paling untuk nulis di blog ini ataupun cek email maupun browsing informasi dan browsing data-data yang diperlukan saya. Kemudian saya menghubungi teman saya yang dapat dipercaya untuk mengetahui informasi tentang masalah ini, dia bilang oke-oke saja tidak ada masalah, cuman dia memberitahu kemungkinan server gateway untuk internetnya mati jadi perlu dicek hal ini dikarenakan seringnya pemadaman lstrik didaerah saya. Saya mencoba memaklumi dan mencoba untuk menunggu sampai teman saya itu men-cek keadaan server tersebut, padahal menunggu adalah pekerjaan yang membosankan.

No comments: